Selasa, 25 Oktober 2011

KEUTAMAAN ILMU DALAM ISLAM


tampilan keutamaan ilmu dalam islam. (medikreda)


Hai sobat MEDIKREDA, renungan Agama Islam kali ini akan membahas tentang keutamaan ilmu dalam Islam.
            Dalam arti luas, Ilmu adalah sesuatu yang diperoleh melalui disiplin dan kesungguhan belajar. Tanpa adanya ilmu kita akan merasa minder alias rendah diri. Sedangkan dalam konteks Ilmu disini adalah ilmu yang benar dan baik serta berguna untuk diri sendiri maupun masyarakat luas.
Rasulullah SAW. bersabda : "Menuntut ilmu itu hukumnya fardhu atas tiap-tiap orang islam". Itulah sebabnya mengapa Islam meletakkan Ilmu diatas segala-galanya.
Menuntut ilmu juga merupakan jenis ibadah. Tapi ilmu merupakan jenis ibadah yang mempunyai nilai dan kedudukan lebih tinggi daripada jenis ibadah lainnya. Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW:
: “Keutamaan ilmu lebih baik dari keutamaan ibadah. Dan kunci agama adl bersikap wara'”



                        Hadits ini menjelaskan sedemikian mulia ilmu dan penuntut ilmu. Ini disebabkan karena seorang yang berilmu kemudian mengajarkan ilmunya termasuk dari amal jariyah baginya. Dan selama ada yang mengamalkan ilmu itu maka dia akan terus mendapat pahala dari Allah SWT walaupun dia sudah meninggal. Berbeda dengan orang yang mengerjakan shalat sunnah atau ibadah lainnya, tidak ada yang merasakan manfaatnya kecuali hanya dirinya sendiri. 
Rasulullah SAW pun menegaskan pentingnya mengamalkan ilmu yang telah kita miliki dengan sabdanya yang terkenal : "Barang siapa mengamalkan apa-apa yang ia ketahui, maka Allah akan mewariskan kepadanya ilmu yang belum diketahuinya, dan Allah akan menolong dia dalam amalannya sehingga ia mendapatkan surga. Dan barang siapa yang tidak mengamalkan ilmunya maka ia tersesat oleh ilmunya itu. Dan Allah tidak menolong dia dalam amalannya sehingga ia akan mendapatkan neraka".
Dalam Al Qur'an, Allah telah berfirman bahwasanya Dia meninggikan posisi orang yang berilmu beberapa derajat lebih tinggi dari orang awam,


Artinya : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan Orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat" (QS. Al Mujaadilah (58) : 11)

Kalau menurut guru Agama Islam kita, Pak Tun Shorun “Semua ilmu baik, nggak ada yang buruk, yang penting karna Ridho dari Allah. Sebuah ilmu harus dapat bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan pilihlah ilmu yang positif.”

            Apalah jadinya kita tanpa ilmu, seseorang dapat dipandang karena ia berilmu. Jadi, orang yang memiliki banyak ilmu, tidak disangsikan lagi akan dapat menghasilkan tafakur yang berbobot.
            Itulah tadi sedikit ulasan tentang keutamaan ilmu dalam Islam. Semoga sobat MEDIKREDA semua bisa mengambil kesimpulan yang baik dalam renungan Agama Islam kali. Ini.(Rossa,red)



Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk tulisan diatas....
Terima kasih buat koment anda...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...