Minggu, 12 Juni 2011

Kisah Dibalik Sukses "Ketika Semua Harus Berakhir"


Syukur alhamdulillah berawal dari keinginan untuk mejawab tantangan Jefry (Nur Wahyu) ketika saya meminta salah satu lagu ciptaanya....rupanya berbuah manis dikemudian hari. Lagu yang cukup indah berjudul "Ketika Semua Harus berakhir" menginspirasi saya untuk membuat sebuah film. Pada mulanya lagu ini rencananya akan digunakan Soundtrack salah satu film yang gagal dibuat di Pulau Bali tat kala anak kelas XII berlibur disana. 
Asa tak boleh patah...mata tetap menyala dan bahan cerita pun saya dapatkan. Sosok siswi wanita sensasional di Smadda yang melejit karena prestasinya di bidang musik menjadi sorotan saya. Kenapa kok harus dia ? karena banyak hal menarik yang menggelitik pemikiran saya untuk mengungkap sisi hitam dan putih gadis ini. Toh benar perkiraan awal saya....Dia menjalin kasih dengan beberapa pria di Smadda yang terakhir cukup menghebohkan dengan seorang penuh sensasi dan potensi dari kelas XII (siswa saya sendiri). Kisah percintaan (kalo boleh dikatakan cinta, red) inilah yang akhirnya berbuah sebuah ide cerita untuk membuat film.
Scenario tersusun dan pemilihan pemain serta crew dilaksanakan. Audisi film dengan iming-iming UAS Gratis dilakukan dan benar pemikiran saya akhirnya si gadis itu juga mau ikutan dalam film....Dia belum merasa bila scenario cerita ini mengkisahkan tentang dirinya. Dan siswi tersebut mendapat salah satu peran utama dalam film.


Proses produksi dilaksanakan....meski banyak rintangan dan halangan, namun tekad dan binar mata para crew serta artis film ini membuat jiwa saya bergerak untuk segera menyelesaikan dan berikan yang terbaik. Sudah terlanjur basah itu pemikiran saya....kalo udah basah sekalian mandi aja. Dan proyek film ini terus berjalan dengan gondok dan marah disana-sini namun tawa tetap mendominasi. wajah ceria mereka, wajah suntuk mereka dan wajah ketakutan mereka ketika saya marah atau gondok menciptakan penilaian tersendiri di benak saya....baru kali ini saya bikin pilm dengan crew yang masih belum punya kemampuan film dan artis yg belum diasah kemampuanya namun hanya BONEK (Bondo Nekat) alhirnya kok ya selesai juga.....Berarti mereka memiliki tekad besar dan saya angkat topi buat kalian pare crew dan artis pilm ini. Meski ini pilm ke-13 saya namun seakan seperti baru pertama kali bikin pilm...pada polos semua...hahahaha
Artis pria sengaja saya ambilkan dari alumni karena memang tidak ada dari siswa kelas X yang berminat memerankanya.....penelitian saya terus berlanjut.  Scene demi scene terlalui dan tatapan wajah aneh mulai saya cermati...what ? rupanya ada something yang bikin saya semakin penasaran.....dan berucap dalam hati "Gak opo tah arek iki..hhehehe"....pastinya anda semua tau apa yg saya maksudkan....Yuph sang gadis mulai tertarik dengan lawan mainnya....tapi apakah suka bener atau hanya dalam film....biar dia yg jawab sendiri...
Mulai shooting di sekolah, dirumah lintang,di bungkul ampe di graha adi ada saja tatapan menarik yg menurut ilmu psikologi yang saya pelajari termasuk tatapan kekaguman atas seseorang.,....why ? dalam dunia nyata dan komunitas baru sudah biasa bila ada yang mempesona orang lain dan orang tersebut kagum pada sesuatu. Kalo hanya kagum gpp kalo udah yang lain....silahkan di luar forum...heheheh
Dari proyek film ini banyak renungan dan hikmah yang bisa saya ambil....mulai udah bergesernya norma dikalangan anak muda....sampai budaya disiplin yang mulai pudar....serta keinginan menuntut yang berlebih tak didasari oleh kemampuan diri.
Film kelar kami beri judul seperti judul lagu C'name band yaitu "Ketika Semua Harus berakhir" dan hasilnya cukup menarik untuk ditonton bersama. Semoga proyek semacam ini bisa berjalan kembali untuk judul pilm yang lain.
Dan film pun udah dibungkus rapi siap untuk dipertunjukan, salah satu master pilm coba saya ikutkan ke festival film indie Bandung 2011....Dan alhamdulillah peluh dan semangat anak-anak mudah Smadda ini mampu membuat para juri lomba untuk memberikan peringkat 9 film indie terbaik. Selamat ya kawan....
Ada banyak keuntungan saya buat pilm ini :
  1. Menjawab tantangan Jefry dan membayar lunas janji saya pada C'name Band
  2. Untuk pribadi saya, Alhamdulillah karena kasus salah satu pemeran wanita nya membuat kekuatan lama saya kembali
  3. Mengenal lebih dekat karakter siswa sekarang
  4. Mengetahui kemampuan siswa dalam pilm sehingga nantinya bisa dijadikan acuan kedepannya
  5. Masih menjaga bendera ARCI Smadda tetap berkibar pada jalur prestasi
Terima kasih telah membuat saya belajar banyak dari kalian....
Dengan keteguhan dan keikhlasan hati kami akan tetap berprestasi....
Berproduksi....
Bikin pilm Indie....
Nantikan proyek produksi film Indie lainnya dari Smadda....(soon)


-Aries-
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk tulisan diatas....
Terima kasih buat koment anda...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...